Tips Memelihara Kesehatan Pernafasan

Kesehatan juga perlu dirawat serta di pelihara, tips memelihara kesehatan pernafasan tubuh kita.

Berjumpa kembali di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan pusat penjualan obat herbal produk green world, yang aman dikonsumsi serta tidak menimbulkan efek samping berbahaya di dalam tubuh. Kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi tips memelihara kesehatan pernafasan. Kenapa perlu memelihara? Karena kesehatan tubuh adalah nomor satu agar tubuh tetap sehat.

Proses kita bernafas sangat rumit, bukan ? Tidak tampak sederhana seperti saat kita menarik nafas dan menghembuskannya. Dibutuhkan peran banyak organ tubuh, terutama paru-paru. Setiap dekit paru-paru kita bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan oksigen tubuh kita. Organ tubuh kita yang paling membutuhkan oksigen adalah otak. Sedetik saja otak tak mendapatkan oksigen, kemungkinan besar jaringan saraf kita akan mengalami kerusakan. Ini menunjukan betapa penting atau berharganya paru-paru untuk mensuplai oksigen bagi tubuh.

Tips memelihara kesehatan pernafasan

Paru-paru tidak lepas dari beragam penyakit yang mengintai dan mengakibatkan organ tersebut mengalami gangguan, bahkan berhenti beroperasi. Penyakit-penyakit yang menyerang paru-paru antara lain adalah asma, empisema, bronkhitis, beragam pentakit yang disebabkan virus seperti penyakit flu burung, radang paru-paru, hingga kanker paru-paru. Selain penyakit, paru-paru juga mengalami difungsi akibat kekurangan fleksibilitas paru-paru akan mengalami kesulitan bernafas. Paru-paru juga akan mudah capek karena pernafasannya harus dibantu oleh otot leher dan pundak saat bernafas.

Tips Memelihara Kesehatan Pernafasan

  • Rongga Hidung

Rongga hidung adalah ointu utama masuknya udara. Dalam rongga hidung, terdapat bulu – bulu kecil yang berfungsi menyaring udara yang masuk. Untuk menjaga kesehatannya, bersihkan rongga hidung secara berkala dari kotoran – kotoran yang tersangkut dan mengendap di sana. Mengingat kualitas udara, terutama di kota – kota besar, makin rendah akibat emisi karbon, sebaiknya gunakan masker atau penutup mulut dan hidung saat Anda berada di jalan.

  • Tenggorokan ( pharynx )

Tenggorokan menjadi jalan utama udara menuju saluran pernafasan bawah yang terhubung dengan paru – paru ( bronchus ). Sering kali terdapat mukus atau lendir di dalam tenggorokan. Tak jarang, kuman – kuman banyak yang berkumpul di tenggorokan. Agar tenggorokan senantiasa segar, tidak iritasi dan bebas dari kuman – bakteri, Anda bisa menggunakan spray khusus untuk tenggorokan.

  • Diafragma

Walaupun bukan termasuk organ pernafasan, namun diafragma sangat menentukan proses pernafasan. Karena tersusun dari tulang fleksibel yang digerakkan otot, diafragma mampu mengembang dan mengempis sesuai dengan kebutuhan volume udara yang masuk ke paru – paru. Agar diafragma tetap fleksibel, jaga kekuatan diafragma melalui latihan dengan mengembang dan mengempiskan secara teratur dengan menekan dan mengendurkan otot perut.

  • Paru–paru ( pulmo )

Paru–paru dalah organ terpenting dalam sistem pernafasan eksternal, yaitu dengan menarik oksigen dari luar tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari dalam tubuh. Orang – orang yang tinggal di kota besar, hampir dapat dipastikan tidak ada yang mempunyai paru – paru yang benar – benar sehat. Hal ini disebabkan tingginya tingkat polusi udara.

Kita juga dapat menjaga kesehatan organ pernafasan tersebut antara lain dengan mengatur pola makan sehat dengan menghindari bahan makanan yang mengandung bahan pengawet, penyedap rasa, zat pewarna atau zat aditif lainnya, berolahraga teratur, tidak merokok, jauhi zat – zat berbahaya, hindari alkohol dan obat – obatan terlarang yang menimbulkan efek kecanduan, bebeaskan diri dari stress, sebisa mungkin hindari polusi dengan memilihlingkungan tempat tinggal yang tingkat polusi udaranya rendah, dan lakukan pemeriksaan ke dokter jika sudah ada gejala batuk kronis.

Dengan organ pernafasan yang sehat disertai dengan daya tahan tubuh yang kuat, alhasil Anda dapat menikmati segarnya udara yang tiap saat dapat kita nikmati dengan cuma-cuma. Demikian artikel yang kami sampaikan bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih atas kunjungannya. Salam sehat.

Tips Memelihara Kesehatan Pernafasan

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *