Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Hepatitis

Ketahui menu makanan sehat untuk penderita hepatitis dan makanan yang haru di hindari oleh penderita penyakit hepatitis sejak dini.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal, kami merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal produk green world yang mudah, terjangkau tanpa terkontaminasi zat berbahaya di dalamnya. Kali ini kami akan berbagi informasi mengenai artikel kesehatan yang meliputi menu makanan sehat untuk penderita hepatitis.

Penyakit Hepatitis adalah penyakit yang menyerang bagian hati sering desebut juga radang hati. Fungsi utama dari hati atau liver adalah menyaring racun-racun yang ada pada darah. Selain itu, masih ada sekitar 500 fungsi lain dari hati. Jika seseorang menderita hepatitis, yang merupakan peradangan pada hati atau liver ini, maka hal ini dapat menghancurkan kesehatan orang tersebut secara keseluruhan karena racun tetap mengendap pada darah dan merusak atau mengganggu kerja organ lain. Akibat lainnya adalah hati menolak darah yang mengalir sehingga tekanan darah menjadi tinggi dan pecahnya pembuluh darah.
Rusaknya fungsi hati atau liver ini dapat disebabkan karena seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan atau karena termakan racun yang membebani kerja liver dan mengakibatkan fungsi hati menjadi rusak. Tetapi, pada kebanyakan kasus, hepatitis disebabkan oleh virus yang ditularkan penderita hepatitis.

Gejala Hepatitis

Beberapa gejala yang umum dari hepatitis adalah rasa nyeri atau sakit pada perut bagian kanan, badan lemas, mual, demam dan diare. Pada beberapa kasus juga ditemukan gejala seperti akan flu dan sakit kuning yang ditandai kulit dan mata yang terlihat kuning. Tetapi, gejala penyakit hepatitis tidak selalu, khususnya pada kebanyakan kasus yang menimpa anak-anak.

Virus dapat berpindah dari seorang penderita ke orang yang sehat. Jika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah, virus akan menjangkiti tubuh orang yang sehat. Walau sebenarnya, virus dapat dibersihkan oleh antibodi manusia itu sendiri jika sistem kekebalan tubuhnya baik.

Gejala yang biasa tampak antara lain :

  • Sangat kelelahan
  • Nafsu makan menghilang
  • Mual ataupun muntah
  • Gatal seperti alergi pada kulit
  • Perut membuncit
  • Bagian tubuh tertentu menguning
  • Kaki membengkak

Hepatitis A

Virus hepatitis A biasa terdapat pada kotoran penderitanya. Virus dapat hidup pada air atau es batu. Cara penyebaran virus ini adalah karena meminum air yang tercemar VHA. Bisa juga karena mengkonsumsi makanan yang tidak dimasak dengan benar sehingga virus tetap hidup pada makanan atau karena orang yang mempersiapkan makanan tidak terbiasa cuci tangan dengan benar terlebih dahulu, padahal mungkin saja pada tangannya terdapat virus hepatitis A. Tidak mencuci tangan sehabis menggunakan toilet juga menyebabkan virus ada pada kotoran manusia ini akhirnya berpindah.

Hepatitis B

Penularan virus hepatitis B (VHB) biasanya melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau air mani yang masuk dalam aliran darah orang sehat. Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat memindahkan sejumlah kecil darah yang terinfeksi virus hepatitis. Bahkan noda darah yang sudah mengering dapat menulari orang lain selama 1 minggu sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa dari sejak kandungan dari seorang ibu yang terinfeksi dan karena hubungan seks.

Hepatitis C

Pengindap hepatitis C biasanya ditularkan dengan cara yang hampir sama dengan penularan hepatitis B, tetapi pada kebanyakan orang adalah karena jarum suntik. Namun, pengaturan diet yang tepat dapat mempercepat pemulihan fungsi hati. Hati memiliki berbagai macam fungsi dalam pengolahan zat gizi. Semua zat gizi (karbohidrat, lemak, protein, dan lain-lain) dicerna dan diserap oleh dinding usus kemudian akan diangkut ke dalam hati untuk diolah. Hati juga mempunyai fungsi untuk menetralkan racun termasuk obat-obatan yang membahayakan, hormon dan lain-lain. Mengingat pentingnya fungsi hati bila hati rusak maka dapat terjadi penyimpangan dalam pengolahan zat gizi. Namun kita tidak perlu berkecil hati karena hati merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki kemampuan yang sangat tinggi untuk regenerasi/pemulihan.

Pemberian protein bermutu tinggi dan vitamin dapat mempercepat pemulihan. Namun perlu diingat bahwa pemberian protein harus disesuaikan dengan toleransi tubuh penderita karena bila berlebih dapat menyebabkan kadar ammonia dalam darah meningkat atau tidak seimbang sehingga timbullah berbagai gangguan dalam tubuh. Oleh karenanya, diperlukan suatu pengaturan diet yang tepat untuk penderita hepatitis agar diperoleh pemulihan yang maksimal.

Syarat Diet Untuk Penderita Penyakit Hati

Tujuan pengaturan diet pada penderita penyakit hati adalah memberikan makanan cukup untuk mempercepat perbaikan fungsi tanpa memperberat kerja hati. Syaratnya adalah sebagai berikut :

  1. Kalori tinggi, kandungan karbohidrat tinggi, lemak sedang dan protein disesuaikan dengan keadaan penderita.
  2. Diet diberikan secara bertahap, disesuaikan dengan nafsu makan dan toleransi pendeita.
  3. Cukup vitamin dan mineral.
  4. Rendah garam atau cairan dibatasi bila terjadi penimbunan garam/air.
  5. Mudah dicerna dan tidak merangsang.
  6. Bahan makanan yang mengandung gas dihindari.
  7. Bila berat badan berlebihan, harus diturunkan secara bertahap sesuai kebutuhan penderita.
  8. Bahan Makanan yang mengandung lemak dan kolesterol dihindari, seperti ayam dengan kulit, kuning telur, jeroan, udang dan lain – lain.

Macam-Macam Diet Untuk Penderita Penyakit Hati

Ada berbagai macam diet untuk penderita hepatitis, diet tersebut disesuaikan dengan kondisi yang sedang dialami oleh pasien hepatitis.

– Diet 1

Untuk penderita sirosis hati yang berat dan hepatitis akut prekoma.
Biasanya diberikan makanan berupa cairan yang mengandung karbohidrat sederhana misalnya sari buah, sirop, teh manis. Pemberian protein sebaiknya dihindarkan. Bila terjadi penimbunan cairan atau sulit kencing maka pemberian cairan maksimum 1 liter perhari. Diet ini sebaiknya diberikan lebih dari 3 hari.

– Diet 2

Diberikan bila keadaan akut atau prekoma sudah dapat diatasi dan mulai timbul nafsu makan.
Diet berbentuk lunak atau dicincang, tergantung keadaan penderita. Asupan protein dibatasi hingga 30 gram perhari, dan lemak diberikan dalam bentuk yang mudah dicerna.

– Diet 3

Untuk penderita yang nafsunya cukup baik.
Bentuk makanan lunak atau biasa, tergantung keadaan penderita. Kandungan protein bisa sampai 1 g/kg berat badan, lemak sedang dalam bentuk yang mudah dicerna.

– Diet 4

Untuk penderita yang nafsu makannya telah membaik, dapat menerima protein dan tidak menunjukan sirosis aktif.
Bentuk makanan lunak atau biasa, tergantung kesanggupan penderita. Kalori, kandungan protein dan hidrat arang tinggi, lemak, vitamin dan mineral cukup.

Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Hepatitis

menu makanan sehat untuk penderita hepatitis

1. Perbanyak makanan dengan kandungan protein yang cukup

Para hepatitis harus memperhatikan kandungan zat yang terkandung dalam makanan ketika akan memakannya karena mengkonsumsi makanan yang tinggi kadar lemak akan membuat kondisi penyakit hepatitis yang semakin parah. Diet penyakit hepatitis dengan memperbanyak asupan protein diharapkan akan mampu menjaga stabilnya fungsi hati. Makanan dengan kadar protein yang diperlukan terdapat dalam telur dan juga daging kambing. Namun demikian porsi yang dimakan juga harus sesuai dengan anjuran dokter.

2. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan merupakan diet penyakit hepatitis berikutnya yang rendah lemak. Pilihan jenis kacang almond, kacang hijau, kedelai, atau biji bunga matahari.

3. Beras, Gandum, dan Kentang

Ketiga jenis makanan tersebut meru-pakan sumber karbohidrat yang aman dikonsumsi oleh penderita hepatitis, namun ada baiknya anda menyajikan menu ini dengan porsi yang secukupnya.

4. Bayam Yang Menyehatkan

Jenis sayuran ini merupakan salah satu bagian dari menu makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita hepatitis. Kandungan yang terdapat dalam 100 granm bayam diantaranya ialah zat karbohidrat sebesar 3.6 g. Protein sebesar 2.9 g, dan zat besi 2.71 mg.

5. Menu sehat buah-buahan

Sebagai cemilan para penderita hepatitis bisa mengkonsumsi buah dan segar atau diolah dengan cara dibuat jus dan pudding karena buah-buahan cukup efektif untuk memberi energy atau kalori yang di perlukan tubuh.

Penyakit hepatitis B bukanlah penyakit ringan. Melainkan penyakit hati kronis yang disebabkan oleh virus hepatitis B yang berpotensi untuk berubah menjadi sirosis dan kanker hati. Agar sembuh total, tidak hanya pengobatan saja yang harus dilakukan. Tapi, anda juga sebaiknya mematuhi pantangan makanan untuk penderita hepatitis B. Hal ini sangat berguna untuk proses kesembuhan anda. Dibawah ini adalah daftar makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hepatitis B. Diantaranya:

  • Penderita hepatitis B sebaiknya menghindari konsumsi kue atau cemilan dengan kandungan kalori yang tinggi dan lemak jenuh, seperti kue tart, gorengan, fast food, dll.
  • Hindari juga makanan yang menimbulkan gas, seperti ubi, kacang merang, lobak, mentimun, durian, kool, sawi, dan nangka.
  • Hindari makanan-makanan yang mengandung tinggi lemak seperti: daging kambing dan babi, jeroan, es krim, susu full cream, keju, mentega/margarine, makanan berminyak dan makanan bersantan.
  • Hindari untuk konsumsi minuman beralkohol, bersoda atau minuman berkarbonasi
  • Hindari penggunaan bumbu yang kuat seperti cabai, jenis bawang-bawangan terutama bawang bombai, merica/lada, cuka, jahe dll
  • Hindari konsumsi makanan kaleng atau yang sudah melalui proses pengawetan. Salah satunya seperti sarden, corned dan telur asin
  • Hindari konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat olahan, karena karbohidrat olahan mempunyai kandungan glukosa cukup tinggi yang dapat memperburuk kondisi kesehatan hati, seperti: permen, cokelat, roti, dll.
  • Tidak mengkonsumsi makanan atau sayur-mayur yang memiliki tinggi serat

Nah itulah beberapa menu makanan sehat untuk penderita hepatitis, demikian informasi yang kami sampaikan untuk anda semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di situs resmi kami.

Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Hepatitis

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *