Ciri-Ciri Kanker Payudara

Ayo kenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 sebelum terlambat dan tips mencegah kanker payudara.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal. Kami merupakan distributor resmi pusat penjualan obat herbal produk green world yang terpercaya tersebar luas di penjuru tanah air dan di beberapa negara dunia. Kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai ciri-ciri kanker payudara stadium 1. Kanker payudara stadium 1 merupakan kanker payudara stadium awal. Ini kondisi dimana benjolan kanker pada payudara berukuran 2 cm atau lebih kecil, benjolan ini belum menyebar ke kelnjar getah bening di bagian ketiak.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan bagi seorang wanita, setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Anda, misalnya saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak. Gaya hidup, hormonal, dan faktor lingkungan memang dicurigai sebagai penyebab dari kanker ini. Namun, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama juga memiliki risiko untuk terkena kanker payudara. Sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

ciri-ciri kanker payudara

Ada beberapa faktor resiko yang memungkinkan anda terkena kanker payudara. Misalnya saja jika Anda berusia 50 tahun atau lebih, jika Anda memiliki keluarga dekat atau bahkan ibu yang terkena kanker ovarium atau kanker payudara, pernah muncul benjolan jinak pada payudara atau pernah didiagnosa terkena kanker payudara. Seharusnya, kanker payudara bukan penyakit warisan. Namun, ada gen tertentu, yang disebut BRCA1 dan BRCA2, yang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara. Gen ini diduga dapat diturunkan kepada generasi penerus.

Ciri-Ciri Kanker Payudara Stadium 1

Memiliki risiko atau tidak, tentu tidak ada salahnya untuk mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker payudara stadium 1. Agar jika sel kanker tersebut tumbuh, Anda tidak terlambat untuk mengobatinya. Berikut ini adalah ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang perlu Anda ketahui:

  • Munculnya benjolan di payudara
    Benjolan di dalam payudara merupakan salah satu pertanda awal dari munculnya kanker payudara. Dan benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski begitu, tidak semua benjolan yang muncul merupakan benjolan kanker payudara. Benjolan ini dapat teraba saat Anda melakukan pemeriksaan pribadi di rumah. Biasanya teraba saat Anda sedang menstruasi.
  • Warna kulit payudara Anda berubah
    Perubahan warna ini terkadang disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika Anda tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit mungkin bisa membuat Anda lebih waspada. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur kulit terasa seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, dan terjadi penebalan kulit. Meski begitu, pada kanker payudara tipe tertentu yang cukup jarang, perubahan warna tidak terjadi.
  • Puting terasa sakit
    Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Selain itu, ditandai dengan keluar cairan tidak normal dari puting atau puting melesak.
  • Muncul benjolan pada ketiak
    Meski disebut kanker payudara, bukan berarti benjolan pada di bawah ketiak yang Anda temui tidak ada hubungannya dengan kanker ini. Jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Itulah kenapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium1 di atas, cobala untuk rajin merawat atau melakukan yang mempunyai efek positif terhadap penyakit kanker payudara dan pemeriksaan payudara sendiri setiap sebulan sekali. Kanker payudara tidak kalakh mematikan dnegan kanker serviks. Meski penyebab kanker payudara harus memerlukan pemeriksaan lebih lebih lanjut, tidak salahnya untuk lebih waspada terhadap penyakit ini.

Tips Mencegah Kanker Payudara

Data menunjukan kanker payudara merupakan kanker pembunuh no dua setelah kanker serviks. Sembilan dari sepuluh dari wanita bersedia untuk membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko kanker payudara. Sebenarnya, banyak penelitian masih diperlukan untuk memahami kanker payudara dan penyebabnya  sepenuhnya. Tapi ada langkah-langkah tertentu untuk  setiap wanita yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi kemungkinan anda terserang kanker payudara.

1. Alarm untuk diri sendiri

Lebih dari 90 persen tumor payudara dideteksi oleh wanita itu sendiri, sehingga mengawasi perubahan payudara anda harus menjadi bagian penting dari perawatan kesehatan setiap wanita. Perhatikan juga perubahan yang terjadi pada payudara, biasanya adanya benjolan dan pembengkakan yang disertai dengan rasa sakit dalam jangka panjang. Anda bisa menggunakan cermin untuk memastikan perubahan payudara anda. Menyempatkan diri untuk memeriksa payudara anda sendiri sehingga jika mengalami hal yang tidak normal anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter.

2. Olahraga

Olahraga dapat mengurangi risiko kanker payudara. Hal ini karena penelitian menunjukkan bahwa semakin sedikit Anda berolahraga, semakin tinggi tingkat estrogen dalam tubuh. Setengah jam latihan yang rutin tiga kali seminggu baik untuk kesehatan dapat menurunkan risiko kanker payudara.

3. Mengurangi asupan alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan beberapa jenis penyakit menyerang anda. Tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan sel kanker payudara. Alkohol telah dikaitkan dengan kanker payudara pada sejumlah studi. Para peneliti percaya ini mungkin karena fakta bahwa alkohol meningkatkan kadar estrogen.

4. Menjaga keseimbangan berat badan

Obesitas tampaknya meningkatkan risiko kanker payudara. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang naik 22 kg-25kg  setelah umur 18 memiliki 40 persen risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Oleh karena itu penting untuk anda menjaga kesehatan terutama keseimbangan berat badan. Anda dapat memulainya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat terutama menghindari junk food yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Studi menunjukan bahwa dengan makanan yang mengandung tinggi lemak akan membuat resiko yang tinggi terkena kanker payudara.

5. Cari tahu riwayat keluarga

Jika anda memiliki riwayat keluarga dengan adanya kanker payudara maka anda harus waspada. Kemungkinan ini akan meningkat dua kali lipat untuk anda menderita kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit yang dapat disebabkan oleh genetik atau turunan. Diperkirakan bahwa satu dari lima ratus orang membawa gen yang rusak yang dapat membuat mereka rentan terhadap penyakit, termasuk kanker payudara.

6. Menyusui

Untuk anda yang baru saja melahirkan, kami sarankan untuk memberikan ASI ekslusif  karena dengan menyusui anda akan memeiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Pendapat ini didasarkan pada teori bahwa kanker payudara berkaitan dengan hormon estrogen. Banyak peneliti percaya bahwa banyak tubuh yang terpapar hormon ekstrogen  maka semakin besar risiko penyakit kanker payudara. Dengan menyusui maka  dapat  mengurangi kadar estrogen wanita, penyebab kanker payudara.

7. Periksakan secara rutin

Jika anda memiliki riwayat kanker payudara maka anda dapat berkonsultasi kepada dokter agar dapat terhindar dari kanker payudara. Sebenarnya tidak hanya untuk anda yang memiliki resiko kanker payudara akan tetapi untuk semua wanita, penting  untuk memeriksakan kesehatan .Untuk anda yang sudah memasuki  usia di atas 40- 50 tahun. Hal ini karena mengingat  fakta yang terjadi delapan puluh persen dari kasus kanker payudara terjadi pada wanita di atas 50.

Itulah beberapa ciri-ciri kanker payudara stadium 1 yang kami informasikan untuk anda, dan juga tips mencegah kanker payudara. Disarankan menjaga pola makan dan menjalani hidup sehat. Rajinlah melakukan SADARI. Dan jika Anda merasa berpotensi terkena kanker karena ibu atau kerabat Anda mengidap kanker, dan Anda merasa sangat khawatir, cobalah untuk mengonsultasikan hal ini kepada dokter. Semoga infromasi yang kami sajikan bermanfaat untuk anda. Terimakasih sudah berkunjung di situs resmi kami.

Ciri-ciri Kanker Payudara

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *