Buah Kurma

Manfaat Buah Kurma Yang harus Anda Ketahui

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi psat penjualan obat herbal secara online terpercaya dan tersebar di selurruh indonesia. Dengan ini kami mengutamakan kepuasan pelanggan dengan sistem yang istimewa yaitu “BARANG SAMAPI BARU BAYAR”. Kesempatan kami ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi buah kurma. Kuram merupakan buah khas yang kerap dijumpai di bulan suci ramadhan, bulan ramadhan sangat dinanti-nantikan oleh kalangan masyarakat muslim. Selain rasanya yang manis legit kurma juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah kurma adalah salah satu buah yang harus sering di makan dan sangat di anjurkan oleh rasalullah SAW. Ternyata selain kaya akan manfaat, kurma juga mempunyai keajaiban yang masih belum banyak diketahui oleh manusia. Keajaiban ini tentu berhubungan dengan kesehatan tubuh dan psikologis yang tak banyak diungkap di manapun.

Kandungan Gizi Buah Kurma

Buah kurma adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m. Berikut ini kandungan gizi yang terdapat dalam buah kurma:

buah kurma

Kalori (kcal) 281

Jumlah Lemak 0,4 g

Lemak jenuh 0 g

Lemak tak jenuh ganda 0 g

Lemak tak jenuh tunggal 0 g

Kolesterol 0 mg

Natrium 2 mg

Kalium 656 mg

Jumlah Karbohidrat 75 g

Serat pangan 8 g

Gula 63 g

Protein 2,5 g

Vitamin A 10 IU

Vitamin C 0,4 mg

Vitamin D 0 IU

Vitamin B6 0,2 mg

Vitamin B12 µg

Magnesium 43 mg

Kalsium 39 mg

Zat Besi 1 mg

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan Tubuh

Kurma merupakan sumber beragam vitamin dan mineral. Kurma juga memiliki sumber energi, gula, dan serat yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, dan zinc juga ditemukan pada buah  kurma. Vitamin yang terdapat pada buah kurma juga sangat banyak  seperti thiamin, riboflavin, niacin, folate, vitamin A dan vitamin K. Di Indonesia, buah kurma sering diolah kembali untuk tambhan bahan makanan atau tambhaan sebagai obat. Karena buah kurma diyakin memilik manfaat yang baik untuk tubuh manusia. Dengan memakan buah kurma saat bulan ramadhan, akan membuat tubuh kita menjadi lebih kuat untuk menjalani hari-hari saat berpuasa. Ada beberapa manfaat dan khasiat kurma yang mungkin belum anda ketahui, diantaranya adalah :

– Sumber Energi

Kurma mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi dan umumnya berasal dari jenis glukosa dan fruktosa. Akan tetapi varietas Deglet Noor yang tumbuh di California mengandung sukrosa (gula pasir). Jenis gula yang terdapat pada kurma adalah hasil pengolahan secara alami dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Kandungan gula yang tinggi menjadikan buah ini merupakan sumber energi instan untuk mengembalikan energi yang hilang pada saat berpuasa dan menormalkan kadar gula darah. Itulah sebabnya mengapa kurma dianggap sebagai buah yang ideal untuk hidangan berbuka atau sahur. Segelas air yang mengandung glukosa, menurut Dr David Conning, Direktur Jenderal British Nutrition Foundation, akan diserap tubuh dalam 20-30 menit.

Tetapi gula yang terkandung dalam kurma habis terserap dalam tempo 40-45 menit. Ini disebabkan karena adanya serat yang terkandung di dalamnya. Sehingga orang yang makan kurma pada waktu sahur akan menjadi segar dan tahan lapar lebih lama.

– Sumber Serat

Kurma adalah sumber serat pangan yang baik. The American Cancer Society merekomendasikan untuk mengonsumsi 20-30 gram per hari. Serat pangan terdiri dari dua jenis yaitu serat pangan larut dan serat pangan tak larut. Serat pangan tak larut berfungsi meningkatkan volume feses sehingga menurunkan waktu transit di usus dan lebih mudah dikeluarkan.

Penurunan waktu transit feses akan menurunkan waktu kontak sel-sel mukosa usus besar dengan zat-zat karsinogen dari feses. Serat pangan larut dapat membantu mengontrol diabetes dengan menurunkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu serat pangan larut juga berperan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah.

– Sumber Mineral

Kurma mengandung mineral-mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Fungsi mineral secara umum yaitu membuat denyut jantung makin teratur, mengaktifkan kontraksi otot serta berperan dalam tekanan darah. Kurma kaya akan kalium dan rendah sodium. Kalium berperan dalam memelihara kontraksi otot termasuk juga otot jantung.

Selain itu berperan untuk memelihara sistem syaraf dan menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh. Karena kalium tidak disimpan dalan tubuh dan banyak hilang melalui keringat, sehingga perlu disuplai dari makanan. Kalium membantu menurunkan tekanan darah. Menurut Dr. Louis Tobian,Jr., pakar penyakit darah tinggi dari Minnesota University AS, kurma bisa membantu menurunkan tekanan darah, serta bisa memberi kekuatan tambahan dalam mencegah stroke secara langsung, bagaimanapun kondisi tekanan darah seseorang.

Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukannya bahwa konsumsi ekstra kalium bisa bisa menjaga dinding arteri tetap elastis dan berfungsi normal. Keadaan ini membuat pembuluh darah tidak mudah rusak akibat tekanan darah. Hasil penelitian merekomendasikan untuk mengkonsumsi sekitar 400 mg kalium dapat menurunkan resiko stroke sebesar 40%. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kita hanya perlu mengkonsumsi sekitar 65 gram atau 5 buah kurma kering. Selain kalium, kurma juga mengandung mineral-mineral penting seperti kalsium, besi, magnesium, mangan, tembaga dan fosfor.

– Sumber Vitamin

Vitamin yang terkandung dalam buah kurma antara lain vitamin A, tiamin (Vit B1), riboflavin (Vit B2), niasin (Vit B3), dan asam pantotenat (Vit B5) dalam jumlah yang bisa diandalkan. Selain itu terdapat juga kandungan vitamin C dan vitamin E. Vitamin A berfungsi untuk memelihara fungsi mata dan mencegah kekeringan dan penyakit mata. Vitamin B berfungsi menenangkan sistem syaraf dan untuk relaksasi jantung serta membuat pikiran menjadi lebih riang.

– Sumber Fitokimia

Kurma mengandung salisilat alami dalam dosis rendah. Salisilat dikenal sebagai bahan baku aspirin, obat pengurang atau penghilang rasa sakit dan demam. Berdasarkan hal tersebut para pakar mengharapkan dosis rendah salilisat dalam kurma secara kontinyu bisa juga meredakan sakit kepala. Selain itu kurma mengandung semacam hormon yang disebut potuchsin yang bisa menciutkan pembuluh darah dalam rahim, sehingga dengan demikian bisa mencegah terjadinya pendarahan rahim. Kurma juga mengandung sejumlah senyawa fenol dan karoten yang berfungsi sebagai antioksidan

– Penangkal Racun Pada Tubuh

Manfaat buah kurma yang pertama adalah menangkal racun yang ada dalam tubuh kita. Karena buah kurma memiliki vitokimia serta memiliki zat antioksidan, yang berguan untuk membuang racun yang ada pada dalam tubuh kita. Dengan memakan kurma, akan membuat tubuh kita tidak mudah terkena penyakit yang dihasilkan dari lingkungan sekitar kita.

– Mengendalikan Diare

Buah kurma yang ranum memiliki serat dan potassium yang berguna untuk penyembuhan diare. Agar kinerja usus dan fungsi system pembuangan lebih baik, sebaiknya mengkonsumsi kurma agar penyakit diare dapat cepat pulih.

– Kesehatan Jantung

Buah kurma dipercaya dapat mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh, yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, penyakit jantung, dan stroke. Dengan mengkonsumsi buah kurma maka tingkat kolestrol pada tubuh akan tetap terjaga, dan membuat tubuh tetap sehat.

– Membuat Tulang Menjadi Kuat

Buah kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tiggi, yang berguna untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit seperti osteoporosis. Kurma juga memiliki kandungan selenium, magnesium, mangan, dan tembaga, seluruhnya merupakan komponen dari pertumbuhan dan kekuatan tulang, terutama bagi orang-orang yang mulai menua dan tulang mereka mulai melemah.

– Gangguan Usus

kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Konsumsi buah kurma secara rutin membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan membantu menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. Untuk masalah pencernaan, kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan dan membuat pencernaan lebih efisien, yang berarti lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan dan memasuki tubuh untuk penggunaan yang benar.

– Anemia

kurma memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, yang bermanfaat untuk bermacam kondisi kesehatan, namun kandungan zat besi yang tinggi pada kurma menjadikannya suplemen diet bagi mereka yang menderita anemia. Kandungan tinggi zat besi menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.

– Alergi

salah satu aspek paling menarik dari buah kurma adalah kandungan sulfur organik yang dimilikinya. Elemen ini bukanlah elemen umum yang bisa ditemukan pada makanan, namun memiliki manfaat kesehatan yang bermanfaat, termasuk mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman. Menurut penelitian di tahun 2002, kandungan sulfur organic dapat memiliki dampak positif pada penderita SAR (Seasonal Allergic Rhinitis), yang mempengaruhi 23 juta penduduk Amerika Serikat. Kurma merupakan cara yang sangat baik untuk mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman dikarenakan kontribusi sulfur yang berasal dari kurma.

Nah, itulah beberapa manfaat buah kurma yang kami sajikan untuk anda. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dan kami ucapkan terimakasih banyak atas kunjungannya. Salam sehat!!

Buah Kurma

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *