Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung di situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal secara omline terpercaya dan tersebar di Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi cara mengobati radang tenggorokan secara alami.

Radang tenggorokan adalah kondisi peradangan pada pita suara. Hal ini biasanya disebabkan oleh kerja/beban yang berlebihan pada pita suara. Biasanya kondisi ini terjadi karena anda sering berteriak, bicara seharian penuh, bernyanyi tanpa istirahat, terlalu banyak makanan pedas atau sangat manis. Gejala radang tenggorokan yaitu suara serak atau lemah. Kadang-kadang orang tidak bisa bicara sama sekali. Hal ini sering disertai dengan sakit tenggorokan dan batuk kering.

cara mengobati radang tenggorokan secara alami

Penyebab radang tenggorokan biasanya ditimbulkan oleh bakteri streptococcus. Bakteri jenis ini menular melalui udara ketika seorang penderita batuk maupun bersin. Maka berhati-hatilah bagi anda yang berada di sekitar teman yang sedang menderita sakit tenggorokan. Tidak hanya itu bakteri streptococcus juga bisa menyerang melalui jalan makanan, minuman atau benda-benda yang telah terinfeksi oleh bakteri ini. Penyebab lain dari radang tenggorokan antara lain : alergi, udara kering, dan polusi udara, serta beberapa penyakit seperti batuk, pilek, flu, campak, cacar air dan sesak napas.

Sakit tenggorokan atau disebut faringitis, terjadi karena infeksi bakteri atau virus seperti dalam kasus pilek. Kekebalan terhadap sakit tenggorokan baru teerbentuk pada usia dewasa sehingga penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak kecil dan remaja. Selain sakit saat menelan, sakit tenggorokan juga dapat di sertai gejala sebagai berikut :

  • Nyeri otot.
  • Batuk.
  • Hidung beringus.
  • Sakit kepala.
  • Kelenjar yang membesar pada leher.
  • Amandel yang membengkak akibat radang.

Cara Mengurangi Gejala

Meski dapat sembuh tanpa obat-obatan, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala:

  • Hindari merokok. Juga hindari lingkungan penuh asap.
  • Remaja dan orang dewasa dapat mengisap permen pereda tenggorokan.
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas.
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi radang tenggorokan.
  • Minum cukup air, terutama jika Anda sedang demam.

Saat yang Tepat untuk Menemui Dokter

Umumnya sakit tenggorokan akan sembuh dalam 3-4 hari tanpa konsumsi obat-obatan. Anda juga dapat mengonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran seperti ibuprofen dan parasetamol, tapi sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter jika mengalami:

  • Sakit tenggorokan yang tidak membaik setelah 2 minggu.
  • Beberapa kali sakit tenggorokan yang tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan pereda nyeri.
  • Sakit tenggorokan yang disertai demam berhari-hari di atas 38°C, dan tidak dapat diredakan dengan obat-obatan.

Pengobatan sakit tenggorokan baru akan ditangani dengan antibiotik jika gejala yang terdeteksi dianggap berisiko menimbulkan infeksi lebih serius. Sementara itu, kondisi berikut ini dapat memperburuk sakit tenggorokan:

  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat anti-rematik yang membuat kekebalan tubuh menjadi lebih lemah.
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh misalnya akibat HIV/AIDS atau gagal ginjal kronis.

Ada banyak obat alami sakit tenggorokan yang bisa dengan mudah di dapat sekitar kita. Banyak diantaranya yang mungkin saat ini sudah anda punyai di rumah, seperti madu, jeruk lemon, ataupun garam. Cara mengobati radang tenggorokan secara alami dengan bahan-bahan ini sama baiknya dengan menggunakan obat modern, kecuali jika radang tenggorokan mengalami komplikasi berat maka harus segera temui dokter. Obat alami ini akan mampu meredakan sakit tenggorokan Anda perlahan-lahan hingga sembuh total, tanpa perlu khawatir efek sampingnya, baik jangka pendek ataupun jangka panjang, terutama pada kesehatan liver dan ginjal.

Cara mengibati radang tenggorokan secara alami – Sakit tenggorokan rasanya memang sangat mengganggu, membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman. Kadang penyakit ini datang dengan tiba-tiba, kadang juga muncul perlahan didahului kondisi kesehatan yang menurun. Seperti yang telah dijabarkan di atas, kebanyakan sakit tenggorokan tidak membutuhkan pengobatan yang serius, maka obat alami dapat menjadi alternatif. Daftar obat alami sakit tenggorokan di bawah ini ditujukan untuk menghilangkan gejala sakit tenggorokan, namun ada pula yang membantu tubuh melawan infeksi kuman.

– Madu

Selain rasanya manis dan enak, ternyata madu dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Madu dipercaya dan telah diteliti mengandung sifat antibakteri, antivirus dan antijamur yang tentunya dapat membantu tubuh melawan infeksi kuman di tenggorokan. Konsistensi madu yang lembut juga dapat meredakan radang pada tenggorokan. Cara meminumnya mudah, campurkan satu sendok makan madu dengan segelas air hangat (jangan air panas karena akan merusak nutrisi madu). Bila suka, Anda juga dapat coba mencampurnya dengan air teh atau perasan lemon.

– Cengkeh

Cengkeh atau cengkih merupakan salah satu bahan herbal yang baik untuk mengobati sakit tenggorokan. Obat alami sakit tenggorokan ini dapat dibuat dengan cukup mudah. Bahan yang diperlukan ialah cengkeh bubuk sebanyak 1-3 sendok teh dan air matang. Campurkan cengkeh dan air, lalu berkumurlah. Cengkeh mempunyai sifat antibakteri dan anti radang yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Cengkeh bubuk dapat dibeli di pasar tradisional ataupun toko obat tradisional. Jika tidak tersedia dalam bentuk bubuk maka yang masih utuh pun bisa dimanfaatkan.

– Jeruk Lemon

Jeruk lemon sangat kaya manfaat, mulai sebagai antioksidan, mengobati gangguan asam lambung, mencegah sesak nafas, dan lain sebagainya, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati sakit tenggorokan secara alami. Kandungan astringen di dalam buah lemon dapat meredakan dan mengobati sakit tenggorokan. Caranya mudah, yaitu campurkan 1 sendok teh air perasan lemon ke dalam segelas air matang. Perasan air lemon dapat membantu meredakan inflamasi pada tenggorokan dan menciptakan suasana yang dapat membunuh kuman-kuman di tenggorokan.

– Garam

Larutan garam merupakan obat kumur alami sakit tenggorokan yang sudah lama populer di seluruh dunia. Bahan yang dibutuhkan adalah 1 gelas air putih hangat dan garam sebanyak 1/4 sendok teh. Gunakan air matang yang hangat, sehangat yang bisa Anda jadikan air kumur. Perlu diingat, penggunaan air dingin tidaklah efektif. Anda juga dapat menambahkan 1 sdm Listerine untuk membantu membunuh kuman. Larutan ini dijamin dapat membantu meredakan sakit tenggorokan karena dapat menghilangkan dan menetralkan asam di tenggorokan, meredakan sensasi nyeri dan terbakar pada tenggorokan serta membantu penyembuhan saluran tenggorokan Anda. Hanya saja perlu diingat bahwa larutan ini untuk berkumur, bukan ditelan.

– Teh Hangat

Segelas teh hangat dapat mengobati sakit tenggorokan yang ampuh dan juga nikmat. Teh mengandung banyak antioksidan yang dapat membatu tubuh melawan infeksi dan keadaan radang yang menyebabakan nyeri tenggorokan. Teh juga dapat membantu tubuh anda melawan infeksi kuman. Untuk hasil yang optimal campurkan teh hangat dengan perasan lemon dan juga madu. Karena semuanya memiliki khasiat untuk meredakan nyeri tenggorokan.

Sup Ayam

Makanan sederhana yang biasa kita temukan ini ternyata dapat menjadi obat alami sakit tenggorokan. Selain rasanya yang enak, ternyata kaldu sup ayam yang mengandung natrium dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan. Hal ini disebabkan karena kaldu tersebut mempunyai efek anti radang. Sup ayam juga dapat menjadi alternatif menu makanan Anda, karena biasanya nafsu makan penderita sakit tenggorokan akan berkurang. Dengan menjaga asupan nutrisi yang dibantu dengan sup ayam, tubuh tidak akan kekurangan energi untuk melawan proses infeksi yang terjadi di dalam tubuh.

– Perbanyak Minum Air Putih

Yang terakhir namun sangat penting adalah memastikan agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan. Minum air yang cukup akan membuat mukosa atau dinding tenggorokan Anda selalu lembap, mengencerkan dahak bila terdapat dahak yang kental dan membantu tubuh melawan infeksi kuman. Minumlah air sehingga warna urin tetap kuning muda atau jernih. Untuk menjaga agar tidak jatuh ke dalam keadaan dehidrasi, Anda tidak melulu harus minum air putih, namun juga boleh minum air teh, air dari makanan seperti sup atau juga susu, terserah Anda.

Tanda Bahaya Sakit Tenggorokan

Obat sakit tenggorokan dan batuk yang telah disajikan di atas mungkin dapat membantu meredakan gangguan tenggorokan Anda. Namun perlu diingat bahwa tidak semua sakit tenggorokan akan sembuh sendiri. Beberapa penyebab sakit tenggorokan dapat juga membahayakan jiwa dan menimbulkan komplikasi yang tidak diinginkan. Jika Anda menemukan tanda-tanda di bawah ini, segeralah konsultasikan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

  • Susah bernapas atau sesak napas
  • Sulit menelan
  • Sulit membuka mulut, terasa seperti ada yang kaku dan menahan
  • Demam dengan suhu lebih dari 38,5˚C
  • Air liur yang sering keluar dari mulut, dikarenaka sulit menelan
  • Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh setelah 1 minggu
  • Suara menjadi serak dan menetap selama lebih dari 2 minggu
  • Nyeri sendi
  • Sakit pada telinga
  • Telinga terasa sulit mendengar
  • Terdapat benjolan di leher
  • Radang tenggorokan yang sering berulang
  • Muncul ruam pada kulit
  • Terdapat dahak yang bercampur dengan darah
  • Batuk yang tidak kunjung sembuh setelah 3 minggu

Penyakit sakit tenggorokan memang sangat mengganggu aktivitas dan dapat menghambat produktivitas sehari-hari. Sebelum berobat ke dokter, Anda tentu dapat mencoba beberapa resep obat alami yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Penting juga untuk menghindari debu, asap, dan udara yang kotor agar tidak bertambah parah. Tidak kalah penting, disarankan untuk berhenti merokok sementara waktu bagi perokok yang menderita sakit tenggorokan karena sifat asap rokok yang iritatif dan dapat memperparah proses radang.

Demikian itulah beberapa cara mengobati radang tenggorokan secara alami yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga dengan adanya artikel yang kami buat menjadi perantara untuk sembuh dan juga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

Cara Mengobati radang Tenggorokan Secara Alami

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *