Ikan Salmon

Ikan Salmon Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan distributor resmi penjualan produk green world. Green world merupakan  pusat penjualan obat herba secara online yang terpercaya tersebar luas di penjuru tanah air, serta keamanan dan kualitasnya terjaga yang mempunyai multikhasiat untuk berbagai penyakit akut dan kronis. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai seputar kesehatan yang meliputi ikan salmon. Siapa sih yang tak kenal dengan hewan ini? ternyata ikan salmon mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Ingin tahu? Mari simak ulasan di bawah ini.

Ikan Salmon

Ikan salmon biasanya ditemukan di perairan Atlantik Utara dan Samudra Pasifik. Ikan ini memiliki beberapa jenis seperti salmon pink, coho, chum, sockeye, kepala baja, masu, dan banyak lagi. Adapaun cici-ciri utama ikan salmon yaitu sisik bercahaya, kulit berwarna keperakan dan merah muda. Tidak mempunya rasa yang lezat, ikan salmon juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

ikan salmon

Selain mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, ikan salmon juga kaya akan beberapa jenis vitamin, diantaranya vitamin A, B, dan D. Disamping itu ikan salmon juga memmiliki kandungan protein yang berguna dalam perkembangan otot.

Kandungan Gizi Ikan Salmon

Jumlah Per 100 g

– Kalori (kcal) 208

– Jumlah Lemak 13 g

– Lemak Jenuh 3,1 g

– Lemak tak jenuh ganda 3,9 g

– Lemak tak jenuh tunggal 3,8 g

– Kolestrol 55 mg

– Natrium 59 mg

– Kalium 363 mg

– Jumlah karbohidrat 0 g

– Serat pangan 0 g

– Protein 20 g

– Vitamin A 50 IU

– Vitamin C 3,9 mg

– Vitamin B6 0,6 mg

– Vitamin B12 3,2 mg

– Vitamin D 0%

– Kalsium 9 mg

– Zat besi 0,3 mg

– Magnesium 27 mg

Manfaat Ikan Salmon Bagi Kesehatan

1. Menguatkan sendi dan tulang

Mengonsumsi ikan salmon bisa bermanfaat untuk pengobatan osteoarthritis dan masalah peradangan sendi lainnya. Salmon mengandung protein yang disebut dengan peptida bioaktif, yang secara khusus disebut dengan kalsitonin, yang telah terbukti meningkatkan, mengatur dan menstabilkan sintesis kolagen dalam tulang rawan osteoarthritic pada manusia. Protein yang ditemukan dalam salmon ini juga meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

2. Melindungi mata

Mengonsumsi salmon dua kali dalam seminggu telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko degenerasi makula(sebuah kondisi mata kronis penyebab hilangnya penglihatan). Untuk mengobati dan mencegah penyakit yang juga disebut dengan sindrom mata kering ini, Anda bisa makan 2 atau 4 porsi dalam satu minggu.

3. Manfaat bagi otak

Makan ikan salmon bisa membuat Anda lebih cerdas dan bahagia. Otak kita terdiri dari 60 persen lemak, yang sebagian besar adalah asam lemak omega 3 DHA. Tiga puluh persen dari materi abu-abu dalam otak adalah DHA, yang menunjukkan betapa pentingnya fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Mengonsumsi ikan salmon secara teratur telah terbukti mengurangi risiko depresi pada orang dewasa muda, dan mengurangi penurunan kognitif pada orang tua.

4. Membantu perkembangan otak pada anak-anak.

Makan salmon saat hamil dan menyusui bisa meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi akademik pada anak-anak. Salmon mengandung tinggi DHA (Decosahexaenoic Acid) yang merupakan asam lemak struktural utama dalam sistem saraf pusat dan retina kita. memberikan salmon untuk anak-anak sebelum sekolah juga membantu pencegahan ADHD, dan bahkan bisa meningkatkan kinerja akademik nantinya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Makan salmon akan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Sebagaimana yang telah ditulis diatas, bahwa salmon mengandung asam lemak omega 3, EPA dan DHA yang tinggi. Lemak ini juga sangat berperan untuk kardiovaskular, seperti mengurangi peradangan, menjaga pembekuan darah yang berlebihan, dan melebarkan pembuluh arteri. Jika kita makan salmon 2 sampai 3 kali dalam seminggu, maka salmon bisa melindungi kita dari masalah seperti serangan jantung, stroke, aritmia, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida tinggi. Asam lemak omega 3 juga bermanfaat melindungi tubuh dari kanker usus, kanker prostat, kanker payud*ra, kanker kulit, dan kanker ginjal.

6. Mencegah berbagai penyakit

Salmon adalah salah sumber vitamin D yang sangat baik, yang sangat penting untuk menjaga kesehatan agar optimal. Kekurangan vitamin ini dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker, penyakit jantung, multiple sclerosis, rheumatoid arthritis atau rematik, dan diabetes tipe 1.

7. Membantu mengurangi gejala insomnia

Salmon bisa membantu meningkatkan tidur Kita, karena merupakan sumber triptofan(obat penenang alami) yang sangat baik. Studi telah menunjukkan bahwa triptofan meningkatkan rasa ngantuk pada subyek dengan insomnia ringan, dan membantu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk bisa tertidur.

Perhatian :

– Salmon mengandung purin, sehingga bisa menyebabkan masalah pada orang yang sensitif dengan purin. Orang dengan gout, asam urat, serta masalag ginjal harus menghindari mengkonsumsi salmon.

– Salmon juga bisa menyebabkan gejala alergi pada orang tertentu. Gejala alergi ini bisa berupa ruam kulit, gatal-gatal, dan perkembangan pada lidah, bibir, tenggorokan, dan lain-lain.

Itulah beberapa manfaat dari ikan salmon yang mempunyai banyak khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung di situs resmi kami.

Ikan Salmon

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *