Cara Menghilangkan Karang Gigi

Kenali penyebab timbulnya karang gigi dan cara menghilangkan karang gigi mulai dari sekarang!

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi produk green world. Green world merupakan pusat penjualan obat herbal secara online yang telah terbukti khasiatnya serta terjaga keamanannya sehingga dapat memberikan kepuasan untuk pelanggan. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai artikel kesehatan yang menebar dan membuat anda mudah di dapatkan, artikel kesehatan yang akan kami sajikan yaitu cara menghilangkan karang gigi. Karang gigi tidak bisa diabaikan begitu saja sebab karang gigi bisa membuat anda kurang pede, selain itu karang gigi juga bisa membuat gigi jadi rusak dan menimbulkan sakit gigi dan gusi, oleh karena itu kami disini akan memberikan sebuah tips bagi anda cara menghilangkan karang gigi.

Klasifikasi Karang Gigi, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Karang gigi? Apa sih itu karang gigi? pernah denger orang menyebut istilah karang gigi, tapi belum ngerti artinya? Karang gigi adalah kotoran dalam mulut yang menempel pada gigi dengan jangka waktu yang lama, sehingga lama-lama akan mengeras dan membatu sehingga akan sulit untuk dihilangkan atau di bersihkan jika hanya menggosok gigi, atau dalam pngertian lain karang gigi adalah kumpulan flak yang termineralisasi yang sangat lengket di atas email gigi. Berdasarkan lokasi karang gigi ada berada 2 tempat, yaitu suopragingiva (permukaan gigi di atas gusi) dan di subgingiva (permukaan dibawah gusi).

Jenis karang gigi ada 2 yaitu :

1. Supra Gingival Kalkulus

Supra gingival kalkulus adalah kalkulus yang melekat pada permukaan mahkota gigi mulai dari puncak gingival margin dan dapat dilihat. Supra gingival kalkulus berwarna putih kekuningan, konsistensinya keras seperti batu clay dan mudah dilepaskan dari permukaan gigi dengan skaler. Warna kalkulus dapat dipengaruhi oleh pigmen sisa makanan atau dari merokok.

Kalkulus supra gingiva dapat terjadi pada satu gigi, sekelompok gigi atau pada seluruh gigi, lebih sering banyak terdapat pada bagian bukal molar rahang atas yang berhadapan dengan ductus Stensen`s pada bagian lingual gigi depan rahang bawah yang berhadapan dengan ductus Wharton`s selain itu pula kalkulus sering banyak terdapat pada gigi yang sering digunakan.

2. Sub Gingival Kalkulus

Sub gingival kalkulus adalah yang berada dibawah batas gingival margin, biasanya pada daerah saku gusi dan tak dapat terlihat pada waktu pemeriksaan. Untuk menentukan lokasi dan perluasannya harus dilakukan probing dengan explorer. Sub gingival kalkulus biasanya padat dan keras, berwarna coklat tua atau hijau kehitam-hitaman, konsistensinya seperti kepala korek api dan melekat erat kepermukaan gigi.

Penyebab Karang Gigi

Kotoran pada gigi atau plak t6erbentuk akibat aktivitas bakteri yang mengubah sisa gula diatas permukaan email gigi. Plak sangat sulit dibersihkan, namun jika dibiarkan menumpuk dapat memicu gangguan kesehatan mulut yang lain. Akibatnya dapat menyebabkan berbagai penyakit gusi, seperti radang gusi yang ditandai dengan gusi tampak kemerahan, agak membengkak, dan sering berdarah saat menggosok gigi. Hal ini dapat berlanjut menjadi radang jaringan penyangga gigi lainnya (periodontitis) bila tidak segera dirawat. Bila sudah tahap ini dapat menimbulkan gigi goyang karena jaringan penyangga gigi sudah rusak

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara menghilangkan karang gigi – Muncul karang gigi memang terkadang tidak kita sadari. jika ada telah menyadari munculnya karang gigi pada gigi anda sebaiknya anda segera melakukan tindakan untuk segera menghilangkan karang gigi tersebut, agar tidak menimbulkan gangguan mulut yang lain. Karang gigi tidak dapat hilang bila hanya dengan menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur. Untuk membersihkan karang gigi tidak dianjurkan untuk membersihkan sendiri, karena dikawatirkan akan memperparah keadaan gigi anda. Pembersihan karang gigi memerlukan bantuan dokter atau perawat gigi. Jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar, pembersihan karang tidak akan merusak gigi. Yang tidak jarang terjadi adalah gigi jadi ngilu karena bagian – bagian leher gigi yang tadinya tertutup karang jadi terbuka. Gusi juga mungkin sedikit berdarah karena tepi gusi yang tertutup karang memang lebih sensitif, tapi pendarahan akan berhenti setelah karang gigi dibersihkan.

cara menghilangkan karang gigi

Apakah mengobati karang gigi dengan pengobatan alami tidak Ampuh ? Jangan salah kaprah dulu. Justru pengobatan alami ini sangat dianjurkan karena pengobatan ini aman untuk gigi serta tidak merusak email gigi anda. Dan untuk kesempatan kali ini saya akan membagikan cara alami menghilangkan karang gigi dengan pengobatan tradisional yang mudah dilakukan, antara lain :

1. Menggunakan kulit jeruk

Cara alami mennghilangkan plak gigi, ini tergolong ampuh untuk membersihkan plak gigi. Terutama plak gigi yang membandel dan caranya pun cukup mudah. Anda tinggal menggosokan kulit jeruk bagian dalam ke gigi anda. Lakukan setelah makan akan efektif menghilangkan bau mulut.

2. Cengkeh

Cengkeh sudah maklum obat yang ampuh untuk menghilangkan plak gigi. Caranya sangat mudah, yaitu anda tinggal menggosokan cengkeh ke plak anda, setelah itu dilanjutkan berkumur.

3. Strawberry

Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa mebantu mebersihkan karang gigi.

Cara terbaik yaitu dengan sering mengkonsumsi strawberry. Hal ini akan membantu mengikis karang gigi dengan cepat, dengan ini anda bebas dari karang gigi.

4. Biji asam kawak

Cara ini mungkin asing bagi sebagian orang karena jarang orang yang menggunakan asam kawak sebagai obat penghilang karang gigi. Asam kawak ini bisa membantu menghilangkan plak gigi dengan cara menumbuk biji asam kawak sampai halus kemudian campurkan dengan sedikit air hangat. Kemudian inilah digunakan sebagai pasta gigi. Lakukan secara rutin agar karang gigi cepat hilang dan bersih dari gigi anda.

5. Apel

Cara menghilangkan karang gigi paling mudah dan enak adalah memakan apel. Buah apel ini memang banyak berguna bagi tubuh anda. Jika biasanya anda hanya tahu buah apel ini hanya untuk menu diet, kini anda bisa menggunakannya untuk membersihkan karang gigi. Buah apel ini memiliki zat-zat yang bisa mengurangi karang gigi karena vitamin C yang terkandung ternyata dapat menumpas karang gigi. Jika anda ingin menggunakan buah apel untik mengilangkan karang pada gigi. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin.

6. Melon

Melon merupakan salah satu buah yang mengandung serat alami. Dengan mengonsumsi melom maka akan sangat baik untuk memproduksi air liur, sehingga kebersihan mulut akan tetap terjaga. Ini merupakan cara mudah menghilangkan plak gigi.

7. Sakit gigi sebelum tidur dan sesudah makan

Cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan dengan rajin menggosok gigi setiap hari. Rutin menyikat gigi memang memiliki banyak manfaat, baik bagi mulut ataupun gigi. Dengan rajin menggosok gigi, sisa-sisa makanan yang terselip di gigi akan mudah dibersihkan. Jadi, sisa-sisa makanan tersebut tak akan menumpuk pada gigi. Agar karang gigi menghilang, sebaiknya Anda menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari. Anda juga bisa menyikat gigi Anda setelah Anda mengkonsumsi makanan. Cara menggosok gigi, Anda hanya perlu menyikat gigi dari atas ke bawah. Tak usah keras-keras, yang penting sisa-sisa makanan bisa terangkat dari gigi Anda.

8. Menggunakan Pasta Gigi Khusus

Kadang kita menggunakan pasta gigi yang sudah tidak layak pakai seperti kadaluarsa sehingga tidak baik untuk gigi . Pasta gigi merupakan faktor yang menentukan juga dalam membersihkan karang gigi. Pilihlah pasta gigi yang tepat untuk membersihkan karang gigi seperti pasta gigi yang mengandung fluroid atau tartar control. Sebab kandungan zat tersebut sangat ampuh untuk menghilangkan karang gigi anda.

9. Flossing

Flossing ialah salah satu alternatif juga untuk menghilangkan karang gigi . Sebagaimana yang kita ketahui bahwa menghilangkan karang gigi . Sebagaimana yang kita ketahui bahwa karang gigi juga bisa disebabkan oleh bakteri yang ada pada gigi dan mulut. Oleh karena itu dengan menggunakan flossing maka sisa-sisa makanan pada mulut anda serta bakteri pun akan secara menyeluruh dihilangkan.

10. Air Putih

Cara menghilangkan karang gigi yang lebih sederhana adalah dengan mengkonsumsi air putih. Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air putih bisa membantu melancarkan pencernaan. Air putih juga bisa membantu melancarkan metabolisme pada tubuh. Tentunya, air putih juga mampu membersihkan karang yang bersarang pada gigi. Caranya, Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas sehari. Ketika Anda ingin menggunakannya sebagai pembersih karang gigi, Anda hanya perlu berkumur-kumur dengan menggunakan air putih.

Tips mencegah timbulnya karang gigi

– Banyak konsumsi air , Anda dapat mengurangi plak yang menempel pada gigi dengan cara sering mengkonsumsi air putih setelah makan atau cemilan. Karena air putih dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi anda dengan baik.

– Berkumur-kumur setelah makan , Setelah mengkonsumsi air putih, anda disarankan untuk berkumur setelah makan, hal ini akan membantu menghilangkan bau mulut dan sisa makanan yang membandel dan menempel di gigi.

– Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Gula dan Tepung sebab Makanan ini cepat memicu plak pada gigi adalah makanan-makanan yang terbuat dari gula dan tepung. Kedua bahan makanan tersebut memang bisa memicu timbulkannya karang pada gigi. Apalagi jika Anda sangat malas membersihkan gigi Anda setelah mengkonsumsi makanan tersebut, tentu plak akan sangat cepat muncul dan menumpuk pada gigi. Maka dari itu, kurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung mulai sekarang!

– Memeriksakan Gigi Setiap 6 Bulan Sekali , Kebanyakan orang biasanya hanya mengunjungi dokter gigi ketika terjadi masalah pada giginya. Jarang sekali orang yang datang untuk berkonsultasi saat gigi dalam keadaan sehat. Itu sebabnya, ketika plak gigi muncul, kebanyakan orang tak menyadari kemunculannya. Padahal, dokter telah menyarankan untuk pergi memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut perlu dilakukan agar saat gigi mengalami gangguan, dokter bisa dengan mudah mengatasinya. Atau, ketika plak gigi sudah mulai muncul, dokter gigi bisa dengan mudah membersihkannya.

Demikian artikel yang kami sajikan mengenai cara menghilangkan karang gigi semoga bermanfaat bagi para pembaca, terimakasih atas kunjungan di situ kami. Selamat mencoba!!

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *