Makanlah Kuaci dan Dapatkan Manfaatnya

Manfaat Biji Bungan Matahari Bagi Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Selamat berjumpa kembali di situs resmi milik alfian herbal yang merupakan salah satu agen resmi produk green world pusat penjualan obat herbal secara online terbesar terpercaya di penjuru tanah air, dan jangan ragukan lagi karena produk dari green world mempunyai banyak khasiatnya serta sangat ampuh untuk di konsumsi. Pada kesempatan kali ini kani akan berbagi mengenai informasi seputar kesehatan tentang makanlah kuaci dan dapatkan manfaatnya.

Makanlah kuaci dan dapatkan manfaatnya – Biji bunga matahari atau kuaci adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Dan hingga saat ini ada beberapa negara-negara yang menjadi produsen dari tanaman ini, seperti Argentina, Amerika Serikat, Cina dan juga Rusia. Biji bunga matahari atau yang lebih sering disebut dengan kuaci merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Mungkin saat ini kitang jarang mengkonsumsi biji bunga matahari, karena memang makanan ini merupakan jenis makanan yang kurang umum dikonsumsi.

makanlah kuaci dan dapatkan manfaatnya

Meski sangat jarang tapi umumnya banyak orang yang suka mengkonsumsinya dan menjadi bahan makanan untuk cemilannya. Camilan ini dapat kita jumpai di pasar tradisional ataupun supermarket dengan harga yang sangat terjangkau. Selain enak dan gurih biji bunga matahari juga kaya akan kandungan vitamin serta nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalsium zat besi dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari kandungannya, biji bunga matahari memiliki khasiat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi

Biji bunga matahari (Helianthus annuus)
per sajian 100 g.
Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energi 584 Kcal 29%
Karbohidrat 20 g 15%
Protein 20.78 g 37%
Lemak 51.46 g 172%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 8.6 g 23%
Vitamins
Folates 227 µg 57%
Niacin 8.335 mg 52%
Pantothenic acid 1.130 mg 22%
Pyridoxine 1.345 mg 103%
Riboflavin 0.355 mg 27%
Thiamin 1.480 mg 123%
Vitamin A 50 IU 1.6%
Vitamin C 1.4 2%
Vitamin E 35.17 mg 234%
Electrolytes
Sodium 9 mg 1%
Potassium 645 mg 14%
Minerals
Kalsium 78 mg 8%
Tembaga 1.800 mg 200%
Zat Besi 5.25 mg 63%
Magnesium 325 mg 81%
Manganese 1.950 mg 85%
Phosphorus 660 mg 94%
Selenium 53 µg 96%
Zinc 5.00 mg 45%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 30 µg
Crypto-xanthin-ß 0 µg
Lutein-zeaxanthin 0 µg

Makanlah Kuaci dan Dapatkan Manfaatnya

Tahukah anda mengenai manfaat kuaci atau biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh? Jika kita tengok dari segi kandungan nutrisi penting yang terdapat di dalamnya, jenis cemilan ini atau biji-bijian yang satu ini memang sangat membantu mengatasi dalam berbagai permasalahan pada tubuh. Dan berikut manfaat kuaci atau biji bunga matahari bagi kesehatan tubuh :

– Membakar Kalori

Bagi anda yang sedang dalam program diet dan ingin menurunkan berat badan, disarankan untuk rutin untuk mengkonsumsi kuaci yang berasal dari biji bunga matahari. Bahan makanan ini dapat mempercepat pembakaran kalori dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh karena folat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kuaci juga mengandung vitamin B yang bisa memperbaiki sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

– Menjaga Kesehatan Pada Otak

Otak merupakan salah satu organ penting bagi tubuh. Sehingga memmang harus di jaga dengan baik. Sementara memanfaatkan kuaci inilah salah satu langkah tepat untuk menjaga keseimbangan otak secara alami. Dimana kuaci sendiri memiliki kandunga trypthopan yang berguna untuk meningkatkan produksi zat serotonin yang sangat di butuhkan oleh otak. Dengan cara mengkonsumsi kuaci secara rutin, baik itu dalam kemasan atau di goreng sendiri akan menciptakan efek relasi yang baik atau sehat bagi kesehatan tubuh anda.

– Mengatasi Stres

Menurut penulis buku Anti-aging Prescription, Dr. James E. Duke menyatakan bahwa biji bunga matahari dan jenis biji-bijian lainnya kaya akan triptopan dan juga asam amino non esensial yang akan dilepaskan setelah asupan karbohidrat serta yang berperan melepaskan hormon serotonin ke dalam darah. Hormon serotonin yang dilepaskan itulah yang dapat membuat perasaan dan hati Anda semakin tenang dan rileks. Sehingga hal tersebut dapat membantu Anda untuk mengatasi stres serta depresi.

– Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Vitamin E dalam biji bunga matahari juga memiliki peran penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam partikel kolestrol yang dapat memmbantu mencegah radikal bebas dari oksiadasi kolestrol. Koletrol dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung dan stroke.

– Menurunkan Kolestrol

Kandungan pitosterol dan biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolestrol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan resiko kekebalan kanker tertentu. Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari  memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g, dan biji  labu antara 265 mg / 100 g.

– Anti-imflamasi

Biji bunga matahari merupakan sumber makanan yang banyak mengandung vitamin E, yaitu anti oksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E diserap tubuh untuk menetrallisirkan radikal bebas yang dapat merusak struktur lemak seperti membran sel, sel-sel otak dan kolestrol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler, vitamin E memiliki efek anti-imflamasi yang signitifkan, sehingga dapat mengurangi gejala asma, osteoarthitis, rhematoid arhtritis.

Demikian ulasan tentang makanlah kuaci dan dapatkan manfaatnya, jadi sekarang anda tahu manfaat mengkonsumsi biji bunga matahari atau kuaci, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

Makanlah Kuaci dan Dapatkan Manfaatnya

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *